Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Komunikasi adalah saranan untuk setiap
individu ataupun kelompok dalam menyampaikan maksud ataupun tujuan yang di
inginkan. Komunikasi adalah hal
yang penting dan selalu dipergunakan dalam kehidupan
sehari-hari, manusia sebagai makhluk sosial pasti selalu melakukan komunikasi.
Bagi sebuah perusahaan, komunikasi sangat diperlukan untuk menginformasikan dan
juga manwarkan suatu produk ataupun jasa kepada khalayak luas.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
a.
Bagaimana
komunikasi berkembang dan menjadi saranana menginformasikan suatu produk?
b.
Media apa saja yang dapat berdampak sangat cepat
terhadap khalayak umum?
1.3 Tujuan Penelitian
Supaya kita dapat mengetahui komunikasi
apa saja yang biasa digunakan perusahaan dalam menwarkan suatu produknya dan
apakah media atau sarana itu pas mengenai khalayak umum agar mereka tertarik
dengan produk yang ditawarkan. Disamping itu, kita dapat menganalisis suatu
iklan yang baik dan benar.
PEMBAHASAN
Sekarang ini banyak sekali
perusahaan comercial atau perusahaan terkemuka yang menawarkan produk mereka
lewat media komunikasi seperti iklan di televisi, iklan di radio, dan juga
spanduk yang banyak kita temukan di jalan-jalan. Sehingga daya saing perusahaan
comercil sangat ketat dan cara pemasaran yang dipergunakanpun beragam. Mulai
dari iklan yang dibuat semenarik mungkin agar dapat mengait khalayak umum dan
juga mengundang atau endorser artis-artis terkemuka.
Kemampuannya
setiap perusahaan dalam memasarkan sebuah produk sangat berpengaruh penting,
cara yang dipergunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya adalah
melalui iklan, karena menggunakan iklan adalah cara yang tepat dalam memasarkan
produk-produk yang akan dilepas ke pasaran. Dengan semakin gencarnya sebuah
perusahaan dalam memasarkan produknya melalui iklan maka besar kemungkinan pula
produk itu akan semakin dikenal oleh khalayak luas.
Seperti halnya produk kopi ini, Luwak White
Coffee merupakan produk baru dari Kopi Luwak produksi PT. Javaprima
Abadi, dengan varian kopi terbaru 3 rasa yaitu Luwak White Coffee Caramel, Mocca Rose dan French Vanilla,
Kopi Luwak memberikan kepuasan kepada penikmat kopi di Indonesia. Kopi Luwak
itu sendiri yakni kopi putih yang beraroma nikmat dan aman di lambung atau
jantung. Cocok sekali bagi penikmat kopi yang sangat menggilai kopi.
Luwak
White Coffee yang
beriklan di media televisi melalui iklan terbarunya dengan mengaet artis-artis
terkemuka yaitu Adipati Dolken, Kimbely Ryder, dan Morgan Oey menginformasikan
tentang produk Luwak White Coffee 3 rasa terbaru ini nikmat
diminum panas atau dingin di berbagai suasana. Itu sendiri menjadi daya pikat
khalayak luas atau konsumen agar tertarik dengan produk yang dipasarkan karena
mereka mengaet sejumlah artis untuk meramaikan pemasaran produk itu sendiri.
Kemudian di akhir adegan scene iklan ini juga
disebutkan tagline dari
produk ini yaitu “Luwak White Coffee, kopi nikmat tidak bikin kembung “,
dengan menggunakan tagline ini
tentunya konsumen yang menyaksikan iklan ini mengetahui bahwa Luwak White
Coffee adalah kopi yang sehat. Cocok untuk semua umur tidak
mempunyai dampak negatif.
1.2 ANALISA
KELEBIHAN LUWAK WHITE COFFEE
Kelebihan dari
iklan Luwak White Coffe itu sendiri
yaitu:
1. Iklannya
sangat menarik minat konsumen untuk mencoba produk tersebut karena mengundang beberapa
artis terkemuka dan juga iklan yang diperlihatkan sangat berwarna.
2. Banyak
sekali varian rasa yang sekarang ini adalah 3 rasa Luwak White Coffee Caramel, Mocca Rose dan French Vanilla
yang makin memanjakan para penikmat kopi di seluruh Indonesia.
3. Harga yang sangat terjamin karena harga
yang ditawarkan cukup murah itupula menjadi kelebihan dari Luwak White Coffee
itu sendiri.
KEKURANGAN LUWAK WHITE COFFEE
Kekurangan dari
iklan Luwak White Coffee itu sendiri
yaitu:
1. Tidak
baik bagi kesehatan jika terlalu sering mengkonsumsi kopi.
2. Di
iklan itu sendiri seperti mengklaim kalau merek mereka Luwak White Coffee ini
putih asli sedangkan merek yang lain abal-abal.
3. Tidak
dianjurkan buat anak-anak karena tidak baik bagi pertumbuhan anak-anak.
Media yang memang dapat berdampak sangat
cepat bagi khalayak luas dan konsumen adalah media komunikasi di bidang
per-televisian, dampak yang dibawa sangat cepat karena media itu sendiri
membuat iklan yang menarik para konsumen dan juga banyak kata-kata yang membuat
konsumen terhanyut akan iklan tersebut. Setiap manusia mempunyai indra
penglihatan dan pendengaran.
Ngomong-ngomong soal media, apakah kalian
tau iklan kopi? Iklan kopi sangat menjamur di Indonesia. Apa sih sebenarnya
kopi itu sendiri? Apakah baik jika selalu di konsumsi terus menerus? Nah
jawabannya adalah kopi itu adalah minuman yang diekstrasi dari pernyaraian biji kopi, yang
berasal dari biji pohon kopi. Kopi
merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50
negara. Sekarang tau kan apa itu kopi, sebenarnya kopi itu sendiri tidak baik
jika selalu di konsumsi terus menerus karena efek samping akan terasa nanti.
Kopi
termasuk minuman yang digemari oleh pria maupun wanita. Minuman konon yang bisa mengurangi rasa kantuk
ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Sekarang
ini varian rasanya semakin banyak jadi semakin banyak pula yang gemar akan kopi
tersebut. Sekarang ini bahkan di mall dan warung atau tokopun menjual berbagai
kopi dari merek dan rasa yang berbeda-beda bahkan di seluruh penjuru dunia.
Di dalam kopi tersebut terkandung
kafein. Kafein itu sendiri adalah zat alkaloid yang di temukan pada berbagai
jenis tanaman terutama tanaman kopi,
cola, teh dan lain sebagainya. Kafein berfungsi sebagai zat stimulan untuk
sistem syaraf pusat, zat perangsang serta dapat menangkal katuk dan
mengembalikan kewaspadaan. Tetapi efek sampingnya, kafein memiliki potensi
menyebabkan penyimpangan kromoson yang bersifat mutagenik.
Manfaat Kopi
Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja
jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat
berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Kafein di
dalam kopi bisa meningkatkan kinerja tubuh, kafein merangsang sistem saraf
menyebabkan ia mengirim sinyal ke sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi
kafein juga meningkatkan epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang merupakan
hormon yang dirancang untuk membuat tubuh kita siap untuk aktivitas fisik yang
intens. Kefein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskan mereka ke
dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuat mereka tersedia sebagai bahan
bakar. Karena itu, sangat masuk akal untuk minum secangkir kopi kental sekitar
setengah jam sebelum anda berolahraga (gym).
Bahaya Kopi
Minum kopi sangat
dipercaya sebagai obat kantuk
paling mujarab, kopi sering menjadi teman begadang maupun kerja di kantor.
Minuman yang mempunyai wangi yang khas ini juga dapat menimbulkan efek
kecanduan, itu terbukti dengan banyaknya mereka yang sangat ketergantungan pada
kopi bakan lebih mengutamakan minum kopi daripada makan. Namun, harus diketahui
juga ternyata bahaya kopi juga bisa merugikan
kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Kafein juga
dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, dan merasa tegang.
Mengkonsumsi kopi dapat melemahkan daya tahan tubuh
anda. Ini dikarenakan, kafein dalam kopi dapat menyerap mineral dan vitamin
yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Minuman kopi juga membuat anda cepat
kehilangan cairan dalam tubuh, oleh karena itu usahakan meminum dua gelas air
putih setelah mengkonsumsi segelas kopi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar